Rabu, 19 September 2012

Matematika Sangat Sukar! Benarkah?


Dalam pengajaran Matematika tumbuh kecendrungan Siswa berasumsi bahwa belajar Matematika sangat sukar. Hal ini terlihat dari sedikitnya Siswa yang menyenangi Matematika dan rendahnya hasil belajar Siswa dibandingkan dengan hasil belajar mata pelajaran lain.Matematika sebagai pelajaran yang sukar dan menakutkan sudah menjadi mitos bagi Siswa.
Siswa kelas IV SDN No. 15 Kempo mengalami kesulitan dan menyelesaikan soal-soal Matematika yang diberikan Guru. Prestasi belajar Siswa pada materi penerapan konsep sangat rendah. Hal ini menyebabkan rendahnya minat Siswa terhadap pembelajaran Matematika.

Peneliti pun  mengajak teman sejawat dan supervisor mengadakan diskusi untuk mengalisa penyebab timbulnya permasalahan tersebut ditemukan bahwa salah satu sebab Siswa tidak mampu menerapkan konsep matimatika adalah Siswa-Siswa jika diberi soal yang sedikit berbeda dengan contoh soal yang pernah diberikan Guru, mereka tidak dapat mengerjakan soal-soal tersebut.
Demikian pula dengan soal-soal yang dibuat Guru pada saat ulangan harian atau ulangan semester yang bentuknya mirip ( sedikit berbeda) dengan contoh soal yang dibuat Guru pada saat pembelajaran. Siswa seharusnya dapat menerapkan konsep matematika yang telah dipelajari untuk mengelesaikan soal-soal tersebut.
Hal ini bisa saja disebabkan oleh karena Guru belum mampu menciptakan suasana belajar dengan pemberian tugas yang menarik  dan menyenangkan bagi Siswa sehingga Siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mereka tidak merasa bahwa belajar matematika itu sangat sukar dan rumit. Untuk itu peneliti mencoba menggunakan teknik baru dalam pemberian tugas sebagai upaya memotivasi dan melibatkan Siswa secara aktif dalam kegiatan belajar di kelas sehingga kemampuan Siswa dalam menerapkan konsep Matematika dapat ditingkatkan.

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Posting Komentar

Majalah Dinding

Baca Itu Penting