Senin, 28 Januari 2013

Penerimaan CPNS 2013 Gunakan Sistem CAT

Test CPNS
Penerimaan CPNS 2013 rencananya akan menggunakan sistem program Computer Assisted Test (CAT). Program CAT ini adalah hampir mirip dengan Uji Kompetensi Guru, dimana peserta yang mengikuti test, akan diberikan soal ujian secara online dan jawaban langsung diterima di server pusat, sehingga disaat peserta ujian selesai melaksanakan test, mereka akan langsung mengetahui hasil testnya pada saat itu juga.



Sampai dengan berita ini diturunkan, pemerintah telah memiliki 12 unit sistem CAT yang tersebar di Kantor BKN pusat dan regional, dimana setiap program CAT berkapasitas untuk 50 peserta ujian.

Jika dilihat dari segi fungsi, maka penerimaan CPNS tahun-tahun berikutnya tidak usah menunggu secara serantak, karena ujian bisa dilaksanakan kapan saja dan bahkan setiap hari ujian CPNS bisa dilaksanakan selama pemerintah daerah yang bersangkutan telah memiliki alokasi CPNS dari Kemenpan.

Sistem ini ditarget akan dipasang di seluruh propinsi di Indonesia pada tahun depan, sehingga pelaksanaan penerimaan ujian CPNS bisa lebih efektif dan akuntabel, akan tetapi jika berkaca kejadian bulan september 2012 yang dimana hasil Ujian CPNS sulit diakses karena alasan teknik, maka sepertinya jaringan CAT memang terlalu muluk-muluk untuk dipasang tahun depan.

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Posting Komentar

Majalah Dinding

Baca Itu Penting