1. PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Dalam
rangka memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada lulusan Sekolah Dasar untuk mendapatkan pendidikan yang layak, berkualitas dan
berkesinambungan untuk menempuh kejenjang pendidikan lebih tinggi , kami
memandang perlu dibangunnya sebuah Sekolah Menengah pertama ( SMP ) diwilayah
kami. Akhirnya, dengan memperoleh dukungan beberapa stake holder sekolah antara
lain pemerintah daerah, guru-guru,
komite sekolah dan masyarakat setempat, pada tahun 2010 berhasil
dibangun SMP Negeri 5
Satu Atap Kempo yang berada di
wilayah Dusun Darmasari Desa Dorokobo Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu ( NTB )
yang dibangun dari sumber dana Block Grand tahun 2010.
Berdirinya sekolah SMPN 5 Satu atap Kempo sangat sesuai dengan alah satu arah kebijakan pembangunan pendidikan 2011-2014 adalah meningkatkan Ketersediaan layanan pendidikan dan meninkatkan mutu pendidikan. Disamping itu, dengan dibangunya sekolah ini diharapkan dapat memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada lulusan Sekolah Dasar untuk mendapatkan pendidikan yang layak, berkualitas dan berkesinambungan untuk menempuh kejenjang pendidikan lebih lanjut yaitu ke tingkat pendidikan SMU atau yang sederajat. Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, SMPN 5 Satu atap Kempo memiliki tujuan dan arah yang jelas yang tertuang dalam Visi, misi sekolah.
Dalam
menentukan visi misi sekolah yang menjadi acuan dalam pencapaian tujuan sekolah, tidak terlepas dari
aspek keunggulan lokal yang ada di wilayah SMP Negeri 5 Satu Atap Kempo. Adapun tugas sekolah SMP
Negeri 5 Satu Atap Kemp yang
kami kelola saat ini adalah meningkatkan mutu layanan pendidikan dengan
sasaran : (1). Memperoleh akreditasi minimal C; (2). Menurunkan angka Putus
sekolah (DO); (3). Memperkecil angka mengulang kelas; (4). Miningkatkan angka
kelulusan; dan (5). Meningkatkan nilai rata-rata Ujian Nasional untuk 4 mata
pelajaran, yakni IPA, Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Untuk mewujudkan target atau
sasaran tersebut diatas, sekolah kami menetapkan Visi sekolah yaitu:
1. “Terciptanya siswa yang cerdas, terampil, berkarakter dan
berbudaya “
2.
“ terciptanya lulusan yang bebrudi pekerti luhur
beriman dan takwa kepada Tuhan Yang maha Esa”
Yang terjabar kedalam MISI:
- Meningkatkan pelayanan pendidikan dan proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
- Mengembangkan bakat dan minat siswa melalui kegiatan ekstarkurikuler
- Mengembangkan budaya lokal dan adat setempat
- Melaksanakan kegiatan sosial keagamaan dan kegiatan kerohanian
1.2
Profil sekolah
- Jumlah Siswa dan rombongan belajar kelas I – IX dalam 2 tahun terakhir
Tahun ajaran
|
Kelas
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
|
2010/2011
|
-
|
10
|
10
|
13
|
9
|
9
|
-
|
-
|
-
|
2011/2012
|
19
|
-
|
10
|
10
|
13
|
9
|
25
|
-
|
-
|
Dari
data tersebut diatas, tergambar bahwa keberadaan SMPN 5 Satu atap Kempo
mendapat respon yang positif dari beberapa SD/MI pendukung. Dari lulusan SD
inti tahun 2010/2011, 100% siswa dapat melanjutkan pendidikannya ke SMPN 5 Satu
atap kempo, dan 16 siswa lainnya berasal dari SD pendukung yang berada
disekitar SMPN 5 satu Atap kempo tersebut.
Untuk mendukung kondisi diatas
perlu diupayakan beberapa faktor pendukung diantaranya:
- Pengadaan sarana dan prasarana pendukung kegiatan siswa baik intrakurikluer maupun ekstra kurikuler.
- Peningkatan wawasan Pendik dan tenaga kependidikan melalui MGMP dan KKKS
b. Kondisi Pendidikan dan
Tenaga Kependidikan.
Personil
|
Jumlah
(orang)
|
Status
|
Kualifikasi
pendidikan
|
Kompetnsi
(sertifikasi)
|
Beban
mengajar
|
|||||
Tetap
|
tidak
|
SPG/SGA
|
Dipl.
|
S1/S2
|
Sudah
|
Belum
|
<24
|
>/=24
|
||
Pendidik
|
10
|
-
|
10
|
-
|
10
|
-
|
v
|
v
|
||
Tendik
|
5
|
2
|
3
|
3
|
1
|
1
|
1
|
4
|
-
|
-
|
Berdasarkan tabel di atas sebagian besar guru
sudah
berkualifikasi S1, namun semuanya
masih berstatus guru tidak tetap. Untuk itu diperlukan upaya untuk meningkatkan
kesejahteraan guru-guru tersebut sehingga proses pembelajaran dapat berjalan
dengan efektif dan efisien.
c.
Prestasi Akademik dan Non-akademik Peserta didik 2 tahun terakhir.
Prestasi
Peserta didik
|
Rerata
UASBN
|
Rerata
UN
|
Juara
Olimpiade
|
||
Sains
& Mat.
|
Karya
Tulis Ilmiah
|
Lain-lain
(Sebutkan)
|
|||
Akademik
2010/2011
|
6.55
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Akademik
2011/2012
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Non akademik 2010/2011
|
Olah
Raga
|
Kesenian
|
Lain-lain
(sebutkan)
|
||
-
|
-
|
-
|
|||
Non-Akademik
2010/2011
|
-
|
-
|
-
|
Menurut data di atas,
nilai rata-rata UASBN thn Akademik 2010/2011 6,55. Sementara Nilai rata-rata UN nya tidak
ada karena pada saat itu belum dimulai kegiatan proses pembelajaran SMP Satu atap. Penerimaan murid
baru untuk SMPN 5 Satu atap dimulai pada
tahun ajaran 2011/2012.
d. Ketersediaan Buku, Peralatan Pendidikan,Media Pendidikan,Perabot .
Komponen
|
Kondisi
|
Keterangan
|
||
Tdk ada
|
Kurang
|
Cukup
|
||
A. Buku: Teks, Pengayaan
dan buku Referensi
|
-
|
v
|
-
|
|
B. Media Pendidikan TIK
dan Alat Peraga
|
v
|
-
|
-
|
|
C. Laboratorium
|
v
|
-
|
-
|
|
D. Perpustakaan
|
-
|
-
|
-
|
Kurang memadai
|
Berdasarkan
Data di atas digambarkan bahwa keterbatasan buku, tidak tersedianya media dan
alat peraga, laboraturium dan ruang perpustakaan karena kesulitan untuk
memperolehnya yg disebabkan karena SMPN 5 satua atap Kempo yang baru beroperasi
pada tahun akademik 2011/2012, oleh karena itu diperlukan jalan keluar agar
layanan pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan rencana. Demikian
pula dengan tidak adanya laboratorium dan perpustakaan yang memadai, hal ini
juga perlu dicari jalan keluarnya.
1.3. Analisis Profil Sekolah
Berdasarkan
permasalahan pada tabel profil diatas, maka dapat kami beberapa penyebab
munculnya masalah-masalah tersebut dan upaya pemecahan dari permesalahan
tersebut, sebagai berikut:
a. Ketenagaan
Masalah yang muncul dari aspek ketenagaan baik pendididk
dan tenaga kependidikan antara lain:
Masih banyak tenaga pendidik yang mengalami kendala
dalam memgkaji silabus dan kurikulum
Dari permasalahan tersebut,
dapat dipecahkan dengan alternatif yaitu menlibatkan para tenaga pendidik dalam
kegiatan MGMP baik ditingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten.
b. Kesiswaan
Permasalahan yang muncul dari aspek kesiswaan adalah pada
tingkat pendidikan SD, mengalami kelas loncat disebabkan oleh Tingkat kesadaran
masyarakat akan program Keluarga Berencana cukup tinggi, sehingga angka
kelahiran pada tiap-tiap KK rendah. Hal ini berdampak pada sedikitnya jumlah
murid pada SD tersebut.
c. Kurikulum
Beberapa permasalahan yang
muncul dari aspek kurikulum,antara lain Masih minimnya pemahaman tendik tentang
Silabus. Masalah tersebut dapat diatasi dengan melibatkan semua tenaga pendidik
dan tenaga kependidikan ( kepala sekolah ) dalam kegiatan MGMP dan KKKS baik
ditingkat Kecamatan maupun di tingkat Kabupaten/ Kota.
d.
KBM
Masalah yang muncul dalam aspek
KBM adalah tingkat kehadiran guru-guru masih rendah yang disebabkan jarak
tempuh ke sekolah cukup jauh. Hal ini berdampak pada kurang efektifnya kegiatan
belajar mengajar di SMPN 5 Satu Atap Kempo. Upaya yang dapat ditempuh untuk
menangani masalah di atas adalah mengalokasikan dana untuk biaya transportasi tenaga
pendidik. Disamping itu, untuk lebih mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar,
akan dialokasikan anggaran untuk pembuatan alat peraga sederhana untuk empat
bidang studi yaitu IPA, Matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.
e. Sarana dan prasarana
Dari aspek sarana dan prasarana,
ditemukan beberapa permasalahan, antara lain:
Masih
kurangnya buku-buku paket dan buku-buku penunjang KBM khususnya untuk empat
mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
Tidak
adanya ruang perpustakaan dan buku perpustakaan.
Upaya yang dilakukan ntuk
mengatasi masalah tersebut antara lain:
Diupayakan
pengadaan buku-buku paket khusus pada 4 mata pelajaran IPA, Matematika, Bahasa
Indonesia dan bahasa Inggris dengan rasio 1 : 2
Pengadaan
runang peprustakaan dan penunjangnya
II. PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH
2.1. Rencana Usulan Program
Bertitik tolak dari hasil analisis profil di atas, dan
mempertimbangkan spesifikasi bansos dari Direktorat Pembinaan SMP, maka program
untuk mendukung peningkatkan mutu pembelajaran
yang kami usulkan adalah, sebagai berikut.
Pembuatan alat peraga khusus mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan bahasa
Inggris
Pembinaan kompetensi Pendidik dan tenaga
kependidikan
Melaksanakan kegiatan remedial dan pengayaan
Pengadaan buku-buku paket khusus mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan bahasa
Inggris.
Pengadaan buku-buku perpustakaan
2.2. Strategi Pelaksanaan
Sasaran, metode pelaksanaan, dan Indikator keberhasilan dari program
untuk mendukung peningkatkan mutu pembelajaran
yang kami usulkan dapat dilihat dalam tabel berikut ini:
Komponen Kegiatan
|
Sasaran
|
Metode
|
Indikator Keberhasilan
|
1. Pembuatan Alat Peraga sederhana (Untuk IPA, Ma
tematika, Bhs Ind dan Bhs Inggris)
|
Guru
|
Workshop
|
Produk alat peraga
|
2.
Pembinaan
kompetensi pendidik dan Tendik
|
Guru dan kepsek
|
Workshop
|
Perubahan kompetensi
|
3.
Melaksanakan
kegiatan remedial dan pengayaan
|
siswa
|
Les
|
Perubahan kompetensi
|
4.
Pengadaan
buku teks, pengayaan dan referensi
|
siswa
|
pembelian
|
Peningkatan prestasi akademik
|
5. Pengadaan buku perpustakaan
|
siswa
|
pembelian
|
Peningkatan prestasi akademik
|
RENCANA ANGGARAN BELANJA (RAB)
No.
|
KEGIATAN/SUB
KEGIATAN/JENIS BELANJA
RINCIAN
BELANJA
|
VOLUME
|
HARGA
SATUAN
|
JUMLAH BIAYA
|
1.
|
Pembuatan Alat Peraga sederhana (Untuk IPA, Ma tematika, Bhs Ind dan
Bhs Inggris)
1.1. Bahan Habis Pakai:
-
Bolpoin
-
Penggaris
-
Guntin
-
Lem fox
1.2.Peralatan Pendukung Adm
|
20 lembar
3 rim
2 pak
2 buah
2 buah
5 buah
20 buah
2 rol
20 buah
2 lembar
20 buah
12 buah
20 buah
1 unit
1 buah
1 buah
3 kotak
|
2.000
60.000
30.000
20.000
15.000
10.000
3.000
125.000
20.000
60.000
5.000
2.500
2.500
3.500.000
500.000
500.000
30.000
|
40.000
180.000
60.000
40.000
30.000
50.000
60.000
250.000
400.000
120.000
100.000
30.000
50.000
3.500.000
500.000
500.000
90.000
|
SUB.TOTAL
1.1 + 1.2
|
Rp.
6.000.000
|
|||
2.
|
Pembinaan Peningkatan Mutu
2.1. Kegiatan remedial dan
pengayaan
•
Menyusun
program Remidi/Pengayaan 10 Orang
•
Memperbanyak
lembar kerja/tugas
•
HR.Pelaksanaan
kegiatan remidi/pengayaan 10 Orang
2.2. Kegiatan MGMP dan KKKS
§ Trasportasi ke MGMP 10 Orang
§ Uang saku ke MGMP 10 orang
§ Konsumsi ke MGMP 10 orang
§ Uang konsumsi Ke KKKS
§ Transportasi Ke KKKS
§ Uang harian Kepsek.
§ Pengadaan
perangkat kegiatan KKKS
Sub total 2.1 +
2.2
|
5 kali
5.500 lbr
20 kali
20 kali
20 kali
20 kali
20 kali
20 kali
20 kali
20 kali
|
30.000
200
50.
000
35.000
35.000
30.000
30.000
50.000
150.000
90.000
|
1.500.000
1.100.000
1.000.000
7.000.000
7.000.000
6.000.000
600.000
1.000.000
3.000.000
1.800.000
Rp. 30.000.000
|
3.
|
Biaya Operasional:
3.1. Pembelian ATK
•
Kertas HVS
•
Tinta
printer
•
Spidol white
board
•
Tinta spidol
white board
•
Buku pola
besar
•
Buku pola
kecil
•
Folpen
3.2.HonorariumTimTeknis/Pengembang
3.3. Dokumentasi
3.4. Pembuatan laporan
|
3 rim
2
kotak
5
lusin
10
botol
20
buah
20
buah
2
lusin
6
bulan
6
bulan
6
bulan
6
bulan
6
bulan
1 buah
30 lbr
1 kali
5 eks
5 eks
1 kali
|
60.000
30.000
60.000
10.000
15.000
10.000
25.000
70.000
60.000
50.000
40.000
25.000
1.000.000
5.000
50.000
15.000
5.000
40.000
|
180.000
60.000
300.000
100.000
300.000
200.000
50.000
420.000
360.000
300.000
240.000
150.000
1.000.000
150.000
50.000
75.000
25.000
40.000
|
SUB.TOTAL
: 3.1 + 3.2 + 3.3 +3.4
|
Rp.
4.000.000
|
|||
TOTAL
|
RP.
40.000.000
|
III. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN
kegiatan
|
Waktu pelakasanaa kegiatan
|
|||||||||||||||||||||||
Bulan 1
|
Bulan 2
|
Bulan 3
|
Bulan 4
|
Bulan 5
|
Bulan 6
|
|||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Pembuatan
Alat Peraga
1.
IPA, Matematika, Bhs.
Ind, Bhs. Inggris
|
||||||||||||||||||||||||
2.
Bahan Habis Pakai
|
||||||||||||||||||||||||
3.
Peralatan Pendukung Adm
|
||||||||||||||||||||||||
Pembinaan Peningkatan Mutu
2.1. Kegiatan remedial dan
pengayaan
|
||||||||||||||||||||||||
2.2. Kegiatan MGMP dan KKKS
|
||||||||||||||||||||||||
Biaya Operasional:
3.1 pembelian ATK
|
||||||||||||||||||||||||
3.2.HonorariumTimTeknis/Pengembang
|
||||||||||||||||||||||||
3.3. Dokumentasi
|
||||||||||||||||||||||||
3.4. Pembuatan laporan
|
||||||||||||||||||||||||
RENCANA PROGRAM MONITORING DAN EVALUASI
Kegiatan
|
Pelaksanaan Monev.
|
||
Petugas Monev.
|
Hasil Monev.
|
Rekomendasi
|
|
1. Pembuatan Alat Peraga
|
KETUA
KOMITE SEKOLAH
|
||
2. Bahan Habis Pakai
|
guru
|
||
3. Peralatan Pendukung Adm
|
guru
|
||
Pembinaan Peningkatan Mutu
1.
Keg. Remedi&pengayaan
|
Kepala
sekolah
|
||
2. Kegiatan MGMP dan KKKS
|
pengawas
|
||
3. Pembinaan Tendik
|
Pengawas
|
||
4. Kegiatan kesiswaan
|
Kepala
sekolah
|
||
Biaya Operasional
|
guru
|
||
2. Honor Tim Teknis
|
guru
|
||
3. Dokumentasi
|
guru
|
||
4. Pembuatan laporan
|
guru
|
IV. PENUTUP
Dengan
mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, akhirnya proposal
peningkatan mutu untuk SD-SMP SATU ATAP
2011 dapat diselesaikan. Tidak lupa kami
ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR dan semua
pihak yang telah membantu sehingga proposal ini dapat terselesaikan sesuai
dengan harapan.
Dengan adanya bantuan peningkatan mutu untuk SD SMP satu
atap ini, diharapkan dapat meningkatkan tingkat prestasi belajar siswa,
pendidik dan tenaga kependidikan sehingga tercipta sumber daya manusia yang
berkualitas, berbudi pekerti luhur, berkarakter serta beriman dan takwa kepada
tuhan Yang Maha Esa.
Semoga dengan adanya bantuan ini, juga menjadi pemacu dan pemicu bagi stake
holder sekolah untuk lebih maksimal dan berperan aktif dalam memajukan SD SMPN 5 Satu atap
Kempo.
0 komentar:
Posting Komentar