Senin, 07 Januari 2013

Proposal dan RPU Dana Mutu Sekolah



1.      PENDAHULUAN
1.1   Latar belakang
Dalam rangka memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada lulusan Sekolah Dasar  untuk mendapatkan pendidikan yang layak, berkualitas dan berkesinambungan untuk menempuh kejenjang pendidikan lebih tinggi , kami memandang perlu dibangunnya sebuah Sekolah Menengah pertama ( SMP ) diwilayah kami.  Akhirnya, dengan memperoleh  dukungan beberapa stake holder sekolah antara lain pemerintah daerah, guru-guru,  komite sekolah dan masyarakat setempat, pada tahun 2010 berhasil dibangun SMP Negeri 5 Satu Atap Kempo yang berada di wilayah Dusun Darmasari Desa Dorokobo Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu ( NTB ) yang dibangun dari sumber dana Block Grand tahun 2010.




Berdirinya sekolah SMPN 5 Satu atap Kempo sangat sesuai dengan alah satu arah kebijakan pembangunan pendidikan 2011-2014 adalah meningkatkan Ketersediaan layanan pendidikan dan meninkatkan mutu pendidikan. Disamping itu, dengan dibangunya sekolah ini diharapkan dapat  memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada lulusan Sekolah Dasar  untuk mendapatkan pendidikan yang layak, berkualitas dan berkesinambungan untuk menempuh kejenjang pendidikan lebih lanjut yaitu ke tingkat pendidikan SMU atau yang sederajat. Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, SMPN 5 Satu atap Kempo memiliki tujuan dan arah yang jelas yang tertuang dalam Visi, misi sekolah. 
Dalam menentukan visi misi sekolah yang menjadi acuan dalam pencapaian tujuan sekolah, tidak terlepas dari aspek keunggulan lokal yang ada di wilayah SMP Negeri 5 Satu Atap Kempo.  Adapun tugas sekolah SMP Negeri 5 Satu Atap Kemp yang  kami kelola saat ini adalah meningkatkan mutu layanan pendidikan dengan sasaran : (1). Memperoleh akreditasi minimal C; (2). Menurunkan angka Putus sekolah (DO); (3). Memperkecil angka mengulang kelas; (4). Miningkatkan angka kelulusan; dan (5). Meningkatkan nilai rata-rata Ujian Nasional untuk 4 mata pelajaran, yakni IPA, Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Untuk mewujudkan target atau sasaran tersebut diatas, sekolah kami menetapkan Visi sekolah yaitu:
1.       “Terciptanya siswa yang cerdas, terampil, berkarakter dan berbudaya
2.      “ terciptanya lulusan yang bebrudi pekerti luhur beriman dan takwa kepada Tuhan Yang maha Esa”
Yang terjabar kedalam MISI:
  1. Meningkatkan pelayanan pendidikan dan proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
  2. Mengembangkan bakat dan minat siswa melalui kegiatan ekstarkurikuler
  3. Mengembangkan budaya lokal dan adat setempat
  4. Melaksanakan kegiatan sosial keagamaan dan kegiatan kerohanian

1.2  Profil sekolah
  1. Jumlah Siswa dan rombongan belajar kelas I – IX dalam 2 tahun terakhir

Tahun ajaran
Kelas
1
2
3
4
5
6
7
8
9
2010/2011
-
10
10
13
9
9
-
-
-
2011/2012
19
-
10
10
13
9
25
-
-

Dari data tersebut diatas, tergambar bahwa keberadaan SMPN 5 Satu atap Kempo mendapat respon yang positif dari beberapa SD/MI pendukung. Dari lulusan SD inti tahun 2010/2011, 100% siswa dapat melanjutkan pendidikannya ke SMPN 5 Satu atap kempo, dan 16 siswa lainnya berasal dari SD pendukung yang berada disekitar SMPN 5 satu Atap kempo tersebut.
Untuk mendukung kondisi diatas perlu diupayakan beberapa faktor pendukung diantaranya:
  1. Pengadaan sarana dan prasarana pendukung kegiatan siswa baik intrakurikluer maupun ekstra kurikuler.
  2. Peningkatan wawasan Pendik dan tenaga kependidikan melalui MGMP dan KKKS

b. Kondisi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.


Personil
Jumlah
(orang)
Status
Kualifikasi pendidikan
Kompetnsi
(sertifikasi)
Beban
mengajar
Tetap
tidak
SPG/SGA
Dipl.
S1/S2
Sudah
Belum
<24
>/=24
Pendidik
10
-
10
-

10
-
v
v

Tendik
5
2
3
3
1
1
1
4
-
-

Berdasarkan tabel di atas sebagian besar guru sudah berkualifikasi S1, namun semuanya masih berstatus guru tidak tetap. Untuk itu diperlukan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan guru-guru tersebut sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

 c. Prestasi Akademik dan Non-akademik Peserta didik 2 tahun terakhir.

Prestasi Peserta didik

Rerata UASBN

Rerata UN
Juara Olimpiade
Sains & Mat.
Karya Tulis Ilmiah
Lain-lain (Sebutkan)
Akademik 2010/2011
6.55
-
-
-
-
Akademik 2011/2012
-
-
-
-
-


Non akademik 2010/2011
Olah Raga
Kesenian
Lain-lain (sebutkan)
-
-
-
Non-Akademik 2010/2011
-
-
-

Menurut data di atas, nilai rata-rata UASBN thn Akademik 2010/2011  6,55. Sementara Nilai rata-rata UN nya tidak ada karena pada saat itu belum dimulai kegiatan proses  pembelajaran SMP Satu atap. Penerimaan murid baru untuk SMPN 5  Satu atap dimulai pada tahun ajaran 2011/2012.




d. Ketersediaan Buku, Peralatan Pendidikan,Media Pendidikan,Perabot .


Komponen
Kondisi
Keterangan
Tdk ada
Kurang
Cukup

A.  Buku: Teks, Pengayaan
         dan buku Referensi
-
v
-

B. Media Pendidikan TIK
     dan Alat Peraga
v
-
-

C. Laboratorium
v
-
-

D. Perpustakaan
-
-
-
Kurang memadai

Berdasarkan Data di atas digambarkan bahwa keterbatasan buku, tidak tersedianya media dan alat peraga, laboraturium dan ruang perpustakaan karena kesulitan untuk memperolehnya yg disebabkan karena SMPN 5 satua atap Kempo yang baru beroperasi pada tahun akademik 2011/2012, oleh karena itu diperlukan jalan keluar agar layanan pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan rencana. Demikian pula dengan tidak adanya laboratorium dan perpustakaan yang memadai, hal ini juga perlu dicari jalan keluarnya.

1.3. Analisis Profil Sekolah
Berdasarkan permasalahan pada tabel profil diatas, maka dapat kami beberapa penyebab munculnya masalah-masalah tersebut dan upaya pemecahan dari permesalahan tersebut, sebagai berikut:
a. Ketenagaan
            Masalah yang muncul dari aspek ketenagaan baik pendididk dan tenaga kependidikan antara lain:
*      Masih banyak tenaga pendidik yang mengalami kendala dalam memgkaji silabus dan kurikulum
Dari permasalahan tersebut, dapat dipecahkan dengan alternatif yaitu menlibatkan para tenaga pendidik dalam kegiatan MGMP baik ditingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten.




b. Kesiswaan
            Permasalahan yang muncul dari aspek kesiswaan adalah pada tingkat pendidikan SD, mengalami kelas loncat disebabkan oleh Tingkat kesadaran masyarakat akan program Keluarga Berencana cukup tinggi, sehingga angka kelahiran pada tiap-tiap KK rendah. Hal ini berdampak pada sedikitnya jumlah murid pada SD tersebut.

c.    Kurikulum
Beberapa permasalahan yang muncul dari aspek kurikulum,antara lain Masih minimnya pemahaman tendik tentang Silabus. Masalah tersebut dapat diatasi dengan melibatkan semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan ( kepala sekolah ) dalam kegiatan MGMP dan KKKS baik ditingkat Kecamatan maupun di tingkat Kabupaten/ Kota.

d.   KBM
Masalah yang muncul dalam aspek KBM adalah tingkat kehadiran guru-guru masih rendah yang disebabkan jarak tempuh ke sekolah cukup jauh. Hal ini berdampak pada kurang efektifnya kegiatan belajar mengajar di SMPN 5 Satu Atap Kempo. Upaya yang dapat ditempuh untuk menangani masalah di atas adalah mengalokasikan dana untuk biaya transportasi tenaga pendidik. Disamping itu, untuk lebih mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar, akan dialokasikan anggaran untuk pembuatan alat peraga sederhana untuk empat bidang studi yaitu IPA, Matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

e. Sarana dan prasarana
Dari aspek sarana dan prasarana, ditemukan beberapa permasalahan, antara lain:
*        Masih kurangnya buku-buku paket dan buku-buku penunjang KBM khususnya untuk empat mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
*                  Tidak adanya ruang perpustakaan dan buku perpustakaan.

Upaya yang dilakukan ntuk mengatasi masalah tersebut antara lain:
*      Diupayakan pengadaan buku-buku paket khusus pada 4 mata pelajaran IPA, Matematika, Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan rasio 1 : 2
*      Pengadaan runang peprustakaan dan penunjangnya






II. PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH

2.1. Rencana Usulan Program
       Bertitik tolak dari  hasil analisis profil di atas, dan mempertimbangkan spesifikasi bansos dari Direktorat Pembinaan SMP, maka program untuk mendukung peningkatkan mutu  pembelajaran yang kami usulkan adalah, sebagai berikut.
*      Pembuatan alat peraga khusus mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
*      Pembinaan kompetensi Pendidik dan tenaga kependidikan
*      Melaksanakan kegiatan remedial dan pengayaan
*      Pengadaan buku-buku paket khusus mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
*      Pengadaan buku-buku perpustakaan

2.2. Strategi Pelaksanaan
      Sasaran, metode pelaksanaan, dan Indikator keberhasilan dari program untuk mendukung peningkatkan mutu  pembelajaran yang kami usulkan dapat dilihat dalam tabel berikut ini:

Komponen Kegiatan
Sasaran
Metode
Indikator Keberhasilan
1.     Pembuatan Alat Peraga sederhana (Untuk IPA, Ma tematika, Bhs Ind dan Bhs Inggris)
Guru
Workshop
Produk alat peraga
2.     Pembinaan kompetensi pendidik dan Tendik
Guru dan kepsek
Workshop
Perubahan kompetensi
3.     Melaksanakan kegiatan remedial dan pengayaan
siswa
Les
Perubahan kompetensi
4.     Pengadaan buku teks, pengayaan dan referensi
siswa
pembelian
Peningkatan prestasi akademik
5.     Pengadaan buku perpustakaan
siswa
pembelian
Peningkatan prestasi akademik


RENCANA ANGGARAN BELANJA (RAB)
No.
KEGIATAN/SUB KEGIATAN/JENIS BELANJA
RINCIAN BELANJA
VOLUME
HARGA SATUAN
 JUMLAH BIAYA
1.
Pembuatan Alat Peraga sederhana (Untuk IPA, Ma tematika, Bhs Ind dan Bhs Inggris)
1.1. Bahan Habis Pakai:
  •  Beli kertas manila
  • Beli kertas HVS
  •  Beli ATK :
-          Bolpoin
-          Penggaris
-          Guntin
-          Lem fox
  • Batu baterai
  • Kabel
  • Balon listrik
  •  Beli triplek
  •  Fitting lampu
  • Saklar
  • Dudukan lampu
1.2.Peralatan Pendukung Adm
  •   Beli PC
  •   Beli mesin TIK
  •   Beli printer
  •   Tinta printer




20 lembar
3 rim

2 pak
2 buah
2 buah
5 buah
20 buah
2 rol
20 buah
2 lembar
20 buah
12 buah
20 buah

1 unit
1 buah
1 buah
3 kotak




2.000
60.000

30.000
20.000
15.000
10.000
3.000
125.000
20.000
60.000
5.000
2.500
2.500

3.500.000
500.000
500.000
30.000




40.000
180.000

60.000
40.000
30.000
50.000
60.000
250.000
400.000
120.000
100.000
30.000
50.000

3.500.000
500.000
500.000
90.000

SUB.TOTAL 1.1 + 1.2


Rp. 6.000.000
2.
Pembinaan Peningkatan Mutu
2.1. Kegiatan remedial dan pengayaan
   Menyusun program Remidi/Pengayaan 10 Orang
   Memperbanyak lembar  kerja/tugas
   HR.Pelaksanaan kegiatan remidi/pengayaan 10 Orang
2.2. Kegiatan MGMP dan KKKS
§ Trasportasi ke MGMP  10 Orang
§ Uang saku ke MGMP 10 orang
§ Konsumsi ke MGMP 10 orang
§ Uang konsumsi Ke KKKS
§ Transportasi Ke KKKS
§ Uang harian Kepsek.
§ Pengadaan  perangkat kegiatan KKKS
Sub total 2.1 +  2.2



5  kali

5.500 lbr

20 kali

20 kali
20 kali
20 kali
20 kali
20 kali
20 kali

20 kali




30.000

200

50. 000

35.000
35.000
30.000
30.000
50.000
150.000

90.000





1.500.000

1.100.000

1.000.000

7.000.000
7.000.000
6.000.000
600.000
1.000.000
3.000.000

1.800.000
Rp. 30.000.000
3.
Biaya Operasional:
3.1. Pembelian ATK
       Kertas HVS
       Tinta printer
       Spidol white board
       Tinta spidol white board
       Buku pola besar
       Buku pola kecil
       Folpen
3.2.HonorariumTimTeknis/Pengembang
  • Ketua 1 Orang
  • Wakil ketua 1 Orang
  • Sekretaris 1 Orang
  • Bendahara  1 Orang
  • Anggota  2 Orang
3.3. Dokumentasi
  • Beli kamera digital
  • Ongkos cetak
3.4. Pembuatan laporan
  • Rapat pembuatan laporan
  • Penggandaan/Foto Copy
  • Cover/Bendel
  • Pengiriman


3 rim
2 kotak
5 lusin
10 botol
20 buah
20 buah
2 lusin


6 bulan
6 bulan
6 bulan
6 bulan
6 bulan

1 buah
30 lbr
1 kali
5 eks
5 eks
1 kali


60.000
30.000
60.000
10.000
15.000
10.000
25.000


70.000
60.000
50.000
40.000
25.000

1.000.000
5.000
50.000
15.000
5.000
40.000


180.000
60.000
300.000
100.000
300.000
200.000
50.000


420.000
360.000
300.000
240.000
150.000

1.000.000
150.000
50.000
75.000
25.000
40.000

SUB.TOTAL : 3.1 + 3.2 + 3.3 +3.4


Rp. 4.000.000

TOTAL


RP. 40.000.000
















III. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN
kegiatan
Waktu pelakasanaa kegiatan
Bulan 1
Bulan 2
Bulan 3
Bulan 4
Bulan 5
Bulan 6
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
Pembuatan Alat Peraga
1.                   IPA, Matematika, Bhs. Ind,   Bhs. Inggris
























2. Bahan Habis Pakai
























3.                   Peralatan Pendukung Adm
























Pembinaan Peningkatan Mutu
2.1. Kegiatan remedial dan pengayaan
























2.2. Kegiatan MGMP dan KKKS
























Biaya Operasional:
3.1 pembelian ATK
























3.2.HonorariumTimTeknis/Pengembang
























3.3. Dokumentasi
























3.4. Pembuatan laporan

































































RENCANA PROGRAM MONITORING DAN EVALUASI



Kegiatan
Pelaksanaan  Monev.
Petugas Monev.
Hasil Monev.
Rekomendasi
1. Pembuatan Alat Peraga
KETUA KOMITE SEKOLAH


2. Bahan Habis Pakai
guru


3. Peralatan Pendukung Adm
guru


Pembinaan Peningkatan Mutu
1.         Keg. Remedi&pengayaan
Kepala sekolah


2. Kegiatan MGMP dan KKKS
pengawas


3. Pembinaan Tendik
Pengawas


4. Kegiatan kesiswaan
Kepala sekolah


Biaya Operasional
  1. Pembelian ATK
guru


2. Honor Tim Teknis
guru


3. Dokumentasi
guru


4. Pembuatan laporan
guru




IV. PENUTUP

Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, akhirnya proposal peningkatan  mutu  untuk  SD-SMP SATU ATAP 2011 dapat  diselesaikan. Tidak lupa kami ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR dan semua pihak yang telah membantu sehingga proposal ini dapat terselesaikan sesuai dengan harapan.
            Dengan adanya bantuan peningkatan mutu untuk SD SMP satu atap ini, diharapkan dapat meningkatkan tingkat prestasi belajar siswa, pendidik dan tenaga kependidikan sehingga tercipta sumber daya manusia yang berkualitas, berbudi pekerti luhur, berkarakter serta beriman dan takwa kepada tuhan Yang Maha Esa.
            Semoga dengan adanya bantuan  ini, juga menjadi pemacu dan pemicu bagi stake holder sekolah untuk lebih maksimal dan berperan  aktif dalam memajukan SD SMPN 5 Satu atap Kempo.

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Posting Komentar

Majalah Dinding

Baca Itu Penting