Jumat, 11 Januari 2013

Pemberian Tugas Problem Posing Berkelompok dapat Meningkatkan Kemampuan Penerapan Konsep Matematika


Dalam pengajaran Matematika, tumbuh kecendrungan siswa berasumsi bahwa belajar Matematika sangat sukar. Matematika  sebagai pelajran yang sukar dan menakutkan sudah menjadi mitos bagi siswa. Siswa kelas IV SDN No. 29 Dompu idak mampu menerapkan kosep Matematika. 

Siswa tidak mampu mengerjakan soal yang diberikan guru, apabila soal tersebut berbeda dari contoh yang diberikan guru. Berdasarkan masalah tersebut maka rumusan masalah yang dihadapi adalah “Apakah melalui pemberian tugas problem posing berkelompok dapat meningkatkan kemampuan penerapan konsep Matematika di kelas IV SDN No. 29 Dompu?”

Dengan penerapan Pemberian tugas problem posing berkelompok diharapkan siswa dapat termotivasi dalam kegiatan pembelajaran dan mampu meningkatkan kemampuannya dalam memahami dan menerapkan konsep Matematika. Hal ini sesuai dengan pendapat Nana Sudjana (2002) mengemukakan bahwa kerja kelompok atau berkerja dalam situasi kelompok mengandung pengertian bahwa siswa dalam satu kelas dipandang sebagai satu kesatuan (kelompok) tersendiri atau pun dibagi dalam kelompok-kelompok kecil.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa untuk mencapai hasil yang baik dalam kerja kelompok harus memperhatikan hal-hal berikut: motiv, pemecahan masalah, persaingan sehat antar kelompok dan situasi yang menyenangkan. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus dengan memperhatikan faktor-faktor guru, siswa, alat peraga dan kegiatan pembelajaran. Fokus perhatian pada metode pemberian tugas secara problem posing adalah kemampuan siswa dalam membangun dan menyelesaikan permasalahan penerapan konsep Matematika. Hasil yang diperoleh adalah peningkatan kemampuan siswa dalam membangun permasalahan pada siklus 1 62%, siklus 2 78% dan siklus 3 93%.

Sedangkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang menerapkan konsep Matematika pada siklus 1 69%, siklus 2 81%, dan siklus 3 97%. Ketuntasan belajar yang dicapai setelah kegiatan pembelajaran pada siklus 1 45%, siklus 2 87%, dan siklus 3 100%. Berdasarkan hasil analisa data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pemberian tugas problem posing secara berkelompok dapat meningkatkan kemampuan menerapkan konsep Matematika bagi siswa kelas IV SDN No. 29 Dompu.

>> Download Contoh PTK Matematika Untuk Sekolah Dasar

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Posting Komentar

Majalah Dinding

Baca Itu Penting