Kamis, 10 Januari 2013

UPACARA BENDERA HARI SENIN

Pada dasarnya upacara bendera adalah salah satu kegaiatan yang perlu dijaga disekolah-sekolah.  Dalam waktu kurang lebih 45 menit siswa diajak untuk kembali meerawang sejarah perjuangan bangsa ini.  Benar kata Bung Karno Jangan sekali-kali melupakan sejarah, Jasmerah.  Melalui upacara bendera kita akan diajak melihat sejarah bangsa kita sendiri.

DOWNLOAD CONTOH SUSUNAN UPACARA BENDERA SETIAP HARI SENIN 

>>> DI SINI 
 
Upacara Hari senin, ritual yang nggak ada matinya (2/9). Hari Senin adalah hari yang sering dianggap “Monster of Day “ bagi sebagian pelajar malas di Indonesia. Bahkan sialnya, aku pun menyebutnya seperti itu. Padahal sesungguhnya hari ini adalah hari yang istimewa ( seharusnya ). Karena hanya pada hari senin seharusnya semua generasi muda bisa menyerap nilai - nilai pancasila yang lebih dan tentunya nasionalisme yang mendarah daging.
 
Kita diajak untuk berpanas-panas dibawah terik matahari adalah sebagian kecil dari contoh bagaimana kita diajak untuk ikut merasakan perjuangan para pahlawan.  Pembagian tugas pelaksana upacara yang dilakukan per kelas adalah salah satu upaya agar siswa juga memiliki rasa tanggung jawab akan arti kemerdekaan.  Melalui upacara bendera siswa juga diajarkan untuk disiplin.

Bagi sebagian masyarakat hari Senin adalah hari pertama dalam satu minggu dimana mereka harus memulai rutinitas yang sempat terhenti selama akhir pekan.  Sehingga tak jarang hari Senin dijadikan sebagai titik tolak bagi masyarakat untuk melakukan sebuah pekerjaan.

Bagi sebagian perusahaan hari Senin kerap dijadikan momentum untuk melakukan rapat guna membahas rencana kerja dalam satu minggu, bagi media masa ada yang menjadikan hari senin sebagai waktu untuk membahas rencana liputan.  Yang pada dasarnya hari Senin adalah momentum tersendiri di dalam masyarakat pun bagi anak-anak sekolah (TK-SMA).

Setiap hari Senin kita kerap melihat anak-anak sekolah berseragam lengkap, baju rapi ditambah dasi dan tak lupa topi.  Bahkan sebagian ada yang mengenakan seragam putih-putih.  Rutinitas yang kerap kita temui setiap hari Senin di sekolah-sekolah adalah upacara bendera hari Senin.

Di tengah rutinitas civitas akademik selama satu minggu yang terus berkutat di bawah buku-buku pelajaran, akan ada satu hari di mana mereka diajak untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa-raga mereka untuk merebut kemerdekaan.

Upacara bendera hari senin di sekolah-sekolah adalah sebuah aktivitas yang mencerminkan nilai-nilai luhur. Hanya saja saat ini Upacara tersebut tak lebih dari sekedar formalitas yang bersifat peranyaan sehingga esensi dari upacara bendera tersebut kurang terinternalisasi ke dalam diri setiap siswa.

DOWNLOAD CONTOH SUSUNAN UPACARA BENDERA SETIAP HARI SENIN 


Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Posting Komentar

Majalah Dinding

Baca Itu Penting